top of page
Search
  • kukukuyamato

Makanan Khas Tunisia, Menyatukan Rasa Arab dan Afrika

Tunisia adalah tujuan wisata yang menarik di timur tengah. Berlibur ke sana, rasanya tidak lengkap jika tidak mencicipi makanan khas Tunisia yang enak. Sebenarnya beberapa makanan Tunisia memiliki kesamaan dengan negara-negara Arab atau Mesir. Secara umum, makanan di sana memiliki aroma rempah yang lebih dominan. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa makanan khas di Tunisia yang patut dicoba.


Tajin Sibnekh



Makanan ini terbuat dari bahan dasar daging ayam. Sekilas tentang Tajn Sibnekh mirip dengan kari ayam Indonesia. Dalam presentasinya, makanan ini ditambahkan potongan telur rebus. Yang membedakan pati sibnekh dan kari ayam Indonesia adalah cara dimasaknya, yang dipanggang, tidak hanya direbus seperti di Indonesia.


Tajin Sibnekh adalah makanan yang banyak diminati oleh warga Tunisia. Di bulan Ramadhan, hidangan ini biasanya menjadi menu andalan untuk berbuka puasa atau sahur. Jika Anda ingin mencicipinya, makanan ini dijual di toko-toko atau restoran di sekitar tempat wisata Tunisia.


Tunisia Brik


Brik adalah makanan yang terbuat dari telur utuh, keju mozzarella, mayones, tomat, dan ikan gindara. Semua bahan dibungkus dalam bentuk segitiga lalu digoreng. Nantinya hidangan ini akan memiliki tekstur yang gurih, renyah, dan renyah. Kenikmatan brik akan meningkat dengan keju mozzarella yang meleleh dan mayones yang keluar saat digigit.


Restoran di Tunisia biasanya menawarkan brik dengan kematangan telur yang dapat disesuaikan dengan selera Anda. Brik dapat dipesan dengan telur setengah matang atau setengah matang. Cara makannya adalah makan langsung menggunakan tangan dan dicelupkan ke dalam saus atau saus cabai.


Dari segi bentuk, brik Tunisia hadir dalam berbagai variasi sesuai dengan pabrikannya. Bentuk yang paling umum adalah bentuk samosa, calzone, atau segitiga. Isi juga bisa bervariasi seperti udang, kentang atau keju. Sehingga kuliner ini bisa memiliki beragam rasa yang beragam.


Salad Menchouia




Jika Anda berjalan ke tempat-tempat wisata di Tunisia, Anda dapat menemukan makanan ini dengan mudah. Salad Menchouia adalah salad yang terbuat dari berbagai sayuran, bawang putih, tomat, terong dan bawang yang ditumbuk dalam satu wadah dan kemudian dipanggang. Hidangan ini biasanya dilengkapi dengan telur rebus atau tuna sehingga rasanya lebih mengenyangkan. Makanan ini juga bisa ditambah dengan merica dan berbagai bumbu sehingga rasanya lebih enak.


Salad Menchouia juga sering disebut sebagai salad merah dan merupakan kuliner yang sangat tradisional. Makanan ini banyak tersedia di restoran dan hotel Tunisia. Untuk menambah sensasi kenikmatan makan hidangan ini bisa ditambah dengan irisan daging kambing atau daging lainnya. Kepedasan makanan ini bisa disesuaikan dengan pesanan Anda.


Hidangan ini juga banyak disajikan di hotel dan restoran di Tunisia. Isi adalah cabai elegan, tomat, bawang dicampur dengan minyak. lemon, tuna, sampai telur rebus. Jika Anda ingin pedas, itu bisa disesuaikan dan akan dibuat sesuai selera wisatawan. Bahkan untuk menunjukkan rasanya yang luar biasa, rasanya enak bisa menambahkan irisan daging kambing atau jenis daging lainnya.


Shaksouka


Shaksouka adalah makanan khas Tunisia yang cukup populer dalam bentuk telur goreng. Namun telur goreng ini dimasak dalam beberapa varian sehingga menawarkan rasa yang lebih lezat. Telur goreng diberi saus yang terbuat dari cabai, tomat, lada, dan bawang. Beberapa di antaranya diberi jintan putih dan aneka bumbu lainnya. Tingkat kematangan telur goreng juga bisa dipesan sesuai selera apakah matang atau setengah matang.


Lablabi




Lablabi adalah masakan khas Tunisia yang terjangkau bagi wisatawan. Makanan ini terbuat dari kacang kedelai olahan yang dimasak menjadi semacam sup bawang putih dan kemudian disajikan dengan roti kering yang diiris. Beberapa restoran membuatnya lebih bervariasi dengan campuran sayuran. Dalam hidangan ini tidak ada telur atau daging, tetapi rasanya masih enak untuk menghangatkan tubuh. Jika hidangan ini kurang mengisi, Anda dapat memesan Lablabi untuk menambahkan telur rebus atau daging ke piring.


Maqluba


Makanan ini hampir sama dengan makanan dalam bahasa Arab. Ini karena Maqluba adalah makanan tradisional di Timur Tengah, salah satunya adalah Tunisia. Hidangan ini memiliki rasa yang enak dengan harga yang cukup terjangkau sehingga dinikmati oleh banyak wisatawan dan Tunisia.



Maqluba terbuat dari nasi, daging olahan, dan berbagai jenis sayuran yang dimasak dengan menumis. Penyajian hidangan ini juga cukup unik di mana semua bahan ditempatkan dalam wadah yang dicetak dan kemudian diatur sedemikian rupa dan dibalik. Ketika dihapus dari cetakan, nasi ada di bagian bawah dan kemudian daging dan sayuran tumis.

69 views0 comments
bottom of page