top of page
Search
  • kukukuyamato

Kuliner Klasik dari Hongaria Ini Siap Menggelitik Lidah Anda!

Updated: Aug 7, 2019

Hongaria, yang memiliki ibukotanya di Budapest, adalah salah satu negara tertua di Eropa dan ditandai oleh bangunan berdesain antiknya. Budapest berasal dari kata 'Buda' dan 'Pest'. Keduanya adalah dua wilayah yang dipisahkan oleh salah satu sungai terbesar di Eropa, Danube. Selain itu, negara ini dengan komunitas penutur bahasa Magyar tidak hanya menawarkan keindahan panorama alam atau arsitektur bangunan yang mempesona. Masakan klasik juga patut dicoba.


Nah, selain menikmati keindahan kota, Anda juga bisa benar-benar menyantap hidangan khas dari negara yang juga populer dengan toko buku bekas atau yang biasa disebut dengan 'Antikuarium'.


Halászlé



Halászlé termasuk dalam salah satu hidangan terpanas di benua Eropa. Makanan ini adalah sup pedas yang mengandung tomat, bawang, anggur putih, dan ikan. Tingkat kepedasan dari Halászlé dapat bervariasi dari ringan hingga sangat pedas.




Esterházy Torte

Esterházy Torte adalah kue keluarga kerajaan dan telah ada sejak zaman kuno. Nama kue klasik ini diambil dari nama salah satu pangeran Hungaria. Kue ini tidak diolah dari adonan kue yang biasa, tetapi menggunakan almond meringue yang dibentuk menjadi lima lapisan dan dihiasi dengan krim mentega hazelnut di atasnya.

Jadi secara alami, rasa dan aroma hazelnut begitu kental. Nah, keunikan lain dari kue ini adalah 'pola web laba-laba' yang merupakan ciri khasnya.


Pálinka



Pálinka adalah minuman khas Hongaria yang dibuat dari brendi dengan campuran rasa aprikot, ceri, dan prem. Minuman ini harus disajikan pada kisaran suhu 18-20 ° C sehingga aroma dan rasa buah yang halus dapat dinikmati secara penuh. Karena jika disajikan dalam situasi yang terlalu dingin, aroma dan rasa Pálinka akan sulit untuk dihargai.



Goulash

Goulash adalah hidangan nasional Hongaria. Hidangan tradisional yang satu ini terdiri dari sup daging yang dilengkapi dengan kentang, sayuran seperti wortel dan paprika, serta rempah-rempah lainnya. Selain itu, daging yang digunakan juga bervariasi tergantung selera. Misalnya, daging sapi, angsa, domba atau bahkan rusa.


Hortobágyi Palacsinta

Hortobágyi Palacsinta adalah jenis krep yang sangat populer di negara ini. Makanan berbentuk gulungan tipis ini disajikan dengan semprotan sup kental, serta ayam muda atau krim asam, dan juga ditambahkan dengan saus paprika.


Kürtőskalács



Kürtőskalács adalah camilan yang terbuat dari kue yang berbentuk seperti silinder. Campuran ini kemudian dipanggang dalam oven terbuka. Selanjutnya, adonan ditaburi dengan gula, bubuk kayu manis, bubuk kakao, atau kenari.


Lángos

Adonan roti ini terbuat dari tepung, susu, ragi, gula, dan garam. Makanan ini dimakan dengan krim asam, keju parut, cokelat, kacang tanah, atau bahkan daging sebagai topping. Tidak hanya itu, bahkan bawang putih dapat ditambahkan untuk menciptakan rasa yang lebih gurih.

7 views0 comments
bottom of page